Rabu, 30 Oktober 2013

Etika seorang muslimah dalam masyarakat

Disampaikan oleh ustadzah Mimi Rahmasari Lc. Pada Kajian Rutin Pagi Hari (KRPH) edisi Selasa (khusus muslimah) 25 Juni 2013.
Teman-teman sekalian, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian kita sebagai seorang muslimah dalam kehidupan bermasyarakat.. disimak nggih ^^
1.      Milikilah akhlak yang baik. akhlaqul karimah merupakan tanda kesempurnaan iman seseorang. Akhlak kita akan memberatkan timbangan pada hari kiamat kelak, karena ia mencapai derajat shalat dan puasa. Penuhilah akhlakmu sesuai petunjuk Al Quran dan al Hadist.
2.      Jagalah lidah. Allah sangat membenci orang yang kotor lidahnya. Jangan pernah mencaci, memaki, membual dan sebagainya. Lidah memang tidak bertulang, tapi ia sangatlah tajam. Tidak tergolong sebagai orang yang beriman apabila lidahnya tidak aman dari menyakiti orang lain.
3.      Berkatalah yang jujur. Jujur akan membawa kebaikan yang bermuara ke surga. Jangan pernah berkata dusta walaupun hanya sekali, karena dusta itu membawa ke neraka. Jangan menipu, dan jangan berkhianat.
4.      Penuhilah janji. Rasulullah selalu mencontohkan ketika berjanji pasti menepati dan tidak pernah mengecewakan. Bagian dari iman adalah menepati janji, karena bila tidak itu merupakan salah satu ciri orang munafik.
5.      Pujilah orang lain tapi tidak berlebihan. Berlebihan dalam memuji orang lain kata Rasulullah sama dengan menebas leher orang yang kita puji. Mengapa? Karena akan mengurangi keikhlasan dalam diri orang yang kita puji, dan mendekatkannya pada ujub. Pun demikian dengan kita, jangan sampai terlarut dalam pujian manusia.
6.      Janganlah mencampuri urusan orang lain yang tidak ada artinya. Adalah tanda kesempurnaan iman seseorang apabila ia meninggalkan apa-apa yang tidak bermanfaat (hadist arbain no.12).
7.      Janganlah berprasangka buruk karena sebagian dari prasangka adalah dosa. Prasangka buruk itu adalah ucapan yang paling dusta.
8.      Janganlah mencari-cari dan menyebarkan aib orang lain. Allah akan menutup aib dalam diri seseorang bilamana selama hidup di dunia ia menutupi aib orang lain. Ingat! Jangan suka bergosip atau berghibah, karena baik yang menyebar maupun yang mendengar akan mendapatkan dosa. Allah membenci orang yang banyak bertanya dalam artian, banyak bertanya untuk mengorek-ngorek aib orang lain.
9.      Jauhilah riya’ dan menyombongkan diri. Riya’ adalah memamerkan amalan-amalan baik dengan tujuan untuk diketahui orang lain. Orang yang sombong akan sangat jauh dari majelis Rasulullah pada hari kiamat nanti.
Semoga bermanfaat ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar