Minggu, 08 Desember 2013

Perempuan yang Tidak Cantik

“tahukah kamu mengapa orang tuanya menjadi ragu untuk menjadikanku sebagai calon menantunya?” tanya seorang teman dalam sebuah kesempatan bersua

Kenapa memanganya? Ucapku balik bertanya

“karena aku tidak berwajah cantik” jawabnya tanpa ekspresi

“haaaa” mulutku menganga, lalu aku berlari menuju kaca melihat pantulan wajahku dan bertanya dalam hati, “apakah aku juga tidak cantik?”

            Huk huk, kasihan gadis itu, seandainya aku berada dalam posisinya pasti aku juga akan bersedih. Bahkan lebih sedih. Hanya bisa sedikit menghibur “mungkin itu ujian yang harus kau lewati, bila memang ia jodohmu pasti Allah akan mempermudah, dan pasti ia tidak menikah karena melihat fisikmu melainkan karena agamamu”. Aku teringat Rasul SAW pernah bersabda “seorang wanita dinikahi karena 4 hal: hartanya, nasabnya, kecantikannya, atau agamanya. Apabila kamu ingin mendapatkan kebahagiaan, maka nikahilah wanita karena agamanya.”
           
            Begitu akhwatifillah sekalian, laa tahzan. Jodohmu adalah yang sama denganmu. Apabila engkau baik ia juga baik. Apabila engkau menikah bukan karena melihat tampan/tidak wajahnya ia maka ia juga tidak akan melihat cantik/tidaknya wajahmu. Utamakan masalah agama karena ia menghadirkan sakinah, mawaddah, warahmah. Rupa akan tergerus oleh usia, harta dengan mudah bisa diambil oleh pemilikNya, dan bila engkau mengagungkan nasab maka ia akan menghinakanmu.

            Engkau tidak boleh menangis iri karena perempuan lain berwajah cantik sedang engkau tidak cantik. Sungguh, manusia hanya diciptakan untuk diuji Allah siapa yang paling baik amalnya. Berdiri sama tinggi, duduk sama rendah. Hanya kualitas taqwa yang menjadi pembeda. Tak perlu kita terusik dengan perkataan manusia yang ini dan itu. Karena mereka akan terus berkomentar dengan apa yang kita pilih.

            Bahkan, seharusnya engkau bersyukur karena engkau lebih aman dari fitnah kecantikan. Engkau tak akan dirisaukan dengan sms, missed call, hadiah, dari secret admirer, tak perlu khawatir diganggu laki-laki mata keranjang yang dimana saja dan kapan saja mengintai, tak perlu khawatir karena tak ada laki-laki mengantri ingin menjadikanmu pacar atau istri. Ya, demikianlah.  
             
            Fitnah kecantikan sangat membahayakan. Salah satu contohnya mungkin pernah teman-teman dengar tentang kisah seorang putra mantan orang nomer satu di Indonesia yang kehidupan rumah tangganya menjadi porak poranda karena ia tergoda perempuan cantik alias wanita idaman lain. Walhasil ia menceraikan istrinya dan memilih menikah siri dengan sephianya itu. Istrinya sakit hati lalu rumah sang sephia dirusaknya. #kok jadi ngegosip gini, haduh2. Banyak deh kisah-kisah tentang fitnah kecantikan wanita.

            Shalihat, kecantikan hati tetaplah yang utama. Jangan berpikir bahwa teman-temanmu baik laki-laki maupun perempuan akan senang berteman dengan perempuan cantik namun ia buruk akhlaknya, atau perempuan cantik namun jutek dan sombongnya nggak ketulungan. Sungguh, ia justru akan dijauhi. Tetap semangat ya, kamu cantik, cantik, dari hatimu. Bukan cantik yang membuat cinta, tapi cinta yang membuat cantik ^^ #eh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar