Kamis, 20 Maret 2014

Tutif (Tutorial Kreatif) : Kalung Bola Perca Cantik



      
      Salam.. Saya mau bagi-bagi tutorial lagi kawans. Kali ini tentang kalung, he2 sebut saja demikian. Kalung tak mesti dari emas kan? Kalung yang satu ini campuran antara nuansa klasik n kiut dibuat dari perca n makram/ macrame (manik-manik kayu). Karya ini terinspirasi dari buku handmade accecories karya teh Rani A. Herawan. Bikinnya cukup mudah, ikuti langkah-langkah dibawah ini ya ^^

Alat dan bahan:


1.      Benang sulam n jarumnya
2.      Kain perca n dakron, buat bola-bola
3.      Makram 2 model (1 warna-warni, 1 warna kayu dipernis/plitur)
4.      Pita warna warni *bisa diganti dengan tali kulit sintesis
5.      Gunting
(Semuanya bisa didapatkan di toko alat jahit n perlengkapan asesories)

Cara membuat :
1.      Membuat bola-bola perca: Buat pola lingkaran diameter 5 cm pada karton lalu jiplak pada kain perca, gunting. Jahit jelujur sekeliling lingkaran, lalu isi dakron sampai penuh, tarik benang, ikat.
2.      Menyiapkan benang: Masukkan benang sulam pada lubang jarum, matikan ujungnya namun sisakan benang untuk menali pita. Rangkaian pertama adalah bola perca, lalu makram warna kayu seperti gambar berikut:


3.      Rangkaian selanjutnya yaitu makram wara pink lalu makram warna kayu lagi.


4.      Setelah itu tusukkan satu bola perca lalu ulangi lagi seperti rangkaian yang pertama (bola perca-makram warna kayu-makram warna warni-makram warna kayu-bola perca).


5.      Selesaikan hingga 7 bola perca, lalu matikan benang, sisakan benang untuk menali pita.


6.      Siapkan pita warna-warni, ikat pita pada masing-masing ujung rangkaian. Hyeay, ini dia kalung bola perca cantikmu.

Happy Crafting !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar