Selasa, 01 April 2014

Tobucil n Klabs, Tempat Berkumpulnya Para Crafter Bandung



buku . hobi . komunitas

LITERACY N CREATIVISM IN EVERYDAY LIVE

            Apa sih tobucil n klabs? Yeay, semuanya terjawab sudah dari kunjungan saya di Bandung kemarin. Wah, tempat yang satu ini inspiratif banget, coba bayangkan, perpaduan antara toko buku dan kerajinan, digunakan sebagai markasnya orang-orang pembaca kreatif untuk berkarya. Gimana tuh.. Satu kata, Keren!

            Saya pikir, tobucil n klabs dekat dengan Crayon’s craft n co (menurut google maps), lhah sama-sama Jl Aceh, crayon no 14 sedangkan tobucil no 56. Ternyata oh ternyata, lumayan bikin kaki pegel, he2, mesti melewati balai kota, hyatt regency, taman Ade Irma Suryani Nasution, dan markas Kodam Siliwangi dulu yang panjang dan nggak lurus. Jl Aceh ujung ke ujungnya bikin bingung, he2. Dan ternyata jl Aceh itu jalan kota yang rimbun dan nyaman, padahal bayangan saya jalanan yang panas.
            Memang Tobucil n klabs tak sebesar yang saya bayangkan. Ya iya lah, kan Tobucil singkatan dari TOko BUku keCIL, he2. Banyaknya pepohonan dan suasana yang agak jadul membuat Tobucil n klabs terasa homey n cozy banget untuk belajar, bersantai, berpikir, n berkarya. Pas saya kesana jam 11 jelang dhuhur kebetulan sedang sepi pengunjung.  Ada teteh penjaga toko yang sedang menyapu. Yey, jadilah saya bisa nanya-nanya banyak ke tetehnya. Tapi saya lupa menanyakan namanya, hapunten teh, atos sksd, abdi hilap teu naroskeun ^^

Ternyata Tobucil udah berdiri lebih dari 13 tahun lho. Hebatnya, delapan tahun terakhir Tobucil berhasil menyelenggarakan event tahunannya yakni, Crafty Days. Nah, crafty days 8, untuk tahun ini, udah diselenggarakan pada tanggal 8-9 Februari kemarin di gedung Indonesia Menggugat Bandung. Hiks2, udah lewat. Di acara crafty days ini ada pameran karya crafter-crafter se Indonesia, selain itu juga ada workshop, seminar-seminar tentang dunia per-handcraft-an. Tentang produksi, sampai marketing. Boleh dibilang craftypreneur ya.
peninggalan crafty days 8
Di Tobucil, juga ada kursus-kursus, tapi jadwalnya tertentu, biasanya pemandunya dari crafter-crafter Bandung sesuai spesifikasi, mau knitting, scrapbook, patchwork, dll. he2, Istilah apa sih? saya juga masih berusaha untuk terus belajar mendalami dunia crafting. Jadwal kursus bisa dicek di web Tobucil kawan.
miniatur mesin jahit, bagus ya
zona menjahit, banyak kain-kain

Tobucil menjual perlengkapan kerajinan, dan produk handmade jadi. Produk handmade jadi kebanyakan karya crafter-crafter Bandung. Ada tas, buku unik, aneka rajutan, bros, pakaian, pajangan-pajangan kreatif, dll. Diantara sekian banyak pilihan, akhirnya saya hanya membeli tas handmade lipat karya the mogus buat contoh, he2, harganya Rp 50.000,-. Buku-buku yang dijual di Tobucil, rata-rata mengenai kesenian, pemuda, negara, dan sastra. Konsep toko buku paduan toko handmade belum ada ya di Jogja? Jeng jeng.. bisa jadi contoh nih.
book mark unik
bagus nih, 120 ribu
tas rajut cantik
Saya katakan ke tetehnya kalau saya dari Jogja, hei, Alhamdulillah saya malah dapat info tentang komunitas crafter Jogja. Ditanya tetehnya, biasanya suka bikin apa? “hmm, ingin fokus mainan anak-anak teh, tapi belum bisa masarin, he2.” Ah, semoga suatu saat bisa begabung juga dengan orang-orang kreatif itu. 
bagus ya, dari cemprut

dream n action
Selamat berjuang!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar